Skip to main content

Yutnori

Yutnori



Apa itu Yutnori?
Hmmm... pernah dengar yutnori (dibaca: yunnori)? kata ini bukan berasal dari bahasa Jawa tapi bahasa Korea. Yutnori adalah nama salah satu permainan tradisional Korea. 


Permainan ini biasa dimainkan secara beregu ketika acara tahun baru Korea yang disebut juga 설날 (sollal). Tahun baru biasanya menjadi ajang kumpul seluruh anggota keluarga. Selain makan Tteokguk, mereka biasanya memainkan Yutnori.

Ini penampakan Yutnori, ada papan permainan dan dadunya. Yang unik, dadunya tidak bentuk kotak seperti kebanyakan dadu pada umumnya tapi berbentuk batangan. Hal lain yang membedakan dadu yutnori dari dadu pada umumnya adalah tidak ada bentuk titik-titik yang melambangkan angka. Yang ada itu tulisan  (Do),  (Gae),  (Gul), dan  (Mo).  

Eh, permainan ini pernah muncul disalah satu drama Korea yang dulu nge-hits banget dulu, Princess Hours. Kalau tidak salah di episode 7 ada adegan pasangan Shin dan Chae gyeong beradu dengan orang tua Chae Gyeong. Yang paling seru adalah hukumannya. Diceritakan pasangan Shin dan Chae gyeong kalah, mereka harus menerima pukulan di pergelangan tangan, lumayan sakit lho! 



Hampir lupa. Aku juga pernah main yutnori saat mengikuti perayaan Chusok di keluarga Paman Sang Weon di Siheung. Asyiknya waktu itu kita main sambil pakai Hanbok. Koreanya berasa banget ha..ha..ha.. Aku satu tim dengan nenek dan Yuji. Kita menang...berkat kehebatan tangan nenek saat melempar yut

Dulu sempat beli yutnori di salah satu supermarket Korea di Jakarta Selatan. Sempat juga main bareng murid-murid kelas Korea. Yang paling dikangenin itu saat menghukum yang kalah...ha...ha...ha...jahat banget, ya.


Aturan Permainan
Bagaimana cara mainnya? Kebetulan aku mendapatkan metode bermainnya dari internet. Aku simpan di sini ya…siapa tahu ada yang berminat memainkannya.

Di Wikipedia tersedia gambar dan penjelasannya. 

Perhatikan gambar di bawah ini:
1. Jika ada 3 stik dalam posisi telungkup  dan  1 stik dalam posisi terbuka maka disebut juga do/ dwae ji, artinya babi dalam  bahasa korea. Kamu bisa menjalankan pionmu 1 langkah dari permulaan menuju gambar babi atau tulisan do pada di papan permainan.

2.  Jika 2 stik kamu dalam posisi terbuka dan 2 lainnya dalam posisi telungkup maka ini disebut gae atau anjing dalam bahasa Korea. Kamu bisa menjalankan pionmu 2 langkah dari permulaan menuju gambar anjing di papan.

3. Jika 1 stik telungkup dan 3 lainnya terbuka, maka itu berarti "geol/yang" yang artinya domba dalam bahasa Korea. Kamu bisa menjalankan pionmu 3 langkah dari permulaan menju gambah domba atau cari tulisan geol di papan.

4. Jika semua stik kamu dalam posisi terbuka, maka itu disebut yut/so yang artinya sapi. Pionmu bisa berjalan 4 langkah dari posisi permulaan menuju gambar sapi di papan. Jika semua stikmu dalam posisi yut, kamu diperbolehkan melempar sekali lagi. Persis seperti angka enam dalam dadu.

5. Jika semua stik dalam posisi telungkup maka disebut mo/mal yang artinya kuda. Kamu bisa menjalankan pionmu sebanyak 5 langkah dari permulaan menuju gambar kuda atau tulisan mo di papan. Posisi mo juga membuat kamu bisa memainkan stikmu sekali lagi.
Gambar di bawah ini menunjukkan arah gerak pionmu.

By Life of Riley - Own work, GFDL, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=11003677

Peraturan lainnya:

   Jika pionmu mendarat di tempat yang sama dengan lawanmu, maka kamu bisa memakan pion lawan dan kamu dapat satu kali giliran lagi untuk melempar stik. Lawanmu haru mengulang permainannya dari awal.
    Saat melempar stik, kamu bisa memutuskan apakah kamu akan menjalankan pion yang sudah ada di papan atau pion baru. Yang penting adalah semua pion kamu harus mencapai posisi akhir terlebih dahulu agar bisa menang.
  Jika kamu pion kamu mendarat di tempat yang sama dengan pion kamu yang sebelumnya, maka kamu bisa menjalankan kedua pionmu secara bersamaan. Ini mempercepat pionmu untuk sampai di garis akhir.
     Jika posisi pionmu berada di gambar kuda atau mo, mka kamu bisa memotong jalan secara diagonal untuk mencapai garis akhir. Untuk lebih jelas lihat gambar di atas.

Nah, itu cara bermain Yutnori. Semoga informasinya bisa membantumu bermain. Selamat bermain Yutnori.

Comments

Popular posts from this blog

프라이팬 놀이/Frying Pan Game/BTS

Playing Frying Pan Game/BTS We played a new game called Frying pan game (프라이팬 놀이) with our Korean guests in our Korean Class. It was fun. It’s like catching the mouse game. We learn the Korean numbers in the same time.  Say, if your friend mentions your name and the number, you have to mention your name according to the number he/she mentions previously.  For example, if your friend says "Dana dul (2)", so you have to say your name twice, "Dana...Dana" and so on and so on. If you make a mistake, well, you get the punishment. The type of the punishment depends on the agreement of the players. They are many types, trust me. Just choose one.  This game was played on one of the TV programs in Korea hosted by Kang Ho Dong (강 호 동), Hye Ryong said. 재미 있네요. 우리 애들이 놀이를 좋아해요.  But hey! BTS too played this game on one of their TV shows.  You can check out the video  here  So far, we have learned many Korean games. Mostly we got from Korean T

Bungeoppang a.k.a Taiyaki

Bungeoppang a.k.a Taiyaki “ What did Archimedes say? “Eureka”. I would like to borrow his word for my little success although I didn’t invent anything. ”     Aku udah bingung banget cari resep Bungeoppang , kue isi pasta kacang merah berbentuk ikan. Coba beberapa resep tetep tak sukses. Lalu aku tengok resep sodara tuanya Bungeoppang , Taiyaki . Ceritanya dulu orang Jepang yang memperkenalkan Taiyaki ke Korea saat jaman pendudukan mereka dulu. Nah, kalo orang Korea bilang Bungeoppang itu sama a ja  dengan Taiyaki . Untuk sejarah   Taiyaki dan Bungeoppang bisa dicari di Wikipedia . Infonya lengkap.   Back to my story Nah, setelah tidak berhasil dengan resep sebelumnya (kegagalan dijamin ada dipihak pembuat kuenya bukan di pembuat resep ^^;) aku kemarin iseng dan penasaran cari resep Bungeoppang dalam bahasa Korea tapi ga dapet. Ada sih satu tapi ga detail dan aku ga ngerti. Trus aku cari resep sodara tuanya aja, Taiyaki. I am lucky. Aku dapet beberapa resep Taiyaki. S

Dora The Explorer Dan Oreo Termahal

Dora the Explorer Dan Oreo Termahal Badan pegal – pegal karena terpenjara selama lebih dari lima jam. Ditambah lagi harus berhimpitan di kerumunan manusia saat festival. Begitu masuk ke dalam  subway , yang pertama kali ingin kulakukan adalah tidur. Ah leganya ketika kulihat ada kursi kosong yang bisa kududuki. Enaknya bisa selonjoran untuk mehilangkan rasa pegal di kaki. Rupanya ketika aku tertidur, muridku iseng mengambil foto diriku yang sedang tertidur. Refleks aku terbangun. Begitu tersadar, tiba – tiba muncul seorang anak kecil bersama ibunya. Mereka berdiri tepat di hadapanku. Harusnya aku beri kursi itu pada mereka tapi ada sedikit kebingungan soal memberi tempat duduk di Korea atau di Jepang. Terkadang para orang tua menolak tawaran tersebut. Terlebih lagi jika kita menawarkan kursi itu pada orang yang masih muda. Salah satu alasan yang kutahu adalah mereka tak ingin terlihat seperti orang tua. Maka, tak heran jika beberapa orang tua pun terkadang menolak diberi kurs