Skip to main content

Seoul Plaza Korea


Jalan-Jalan Gratis di Korea - Seoul Plaza Korea
Ada yang berencana untuk pergi jalan-jalan ke Korea dengan bujet yang pas-pasan? Kira-kira tempat apa saja yang bisa dikunjungi tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli tiket alias gratis? atau yang murah?


Bagi kamu yang pergi traveling dengan tight budget, jangan khawatir, kamu masih bisa menikmati liburan di Korea dengan bekal yang tak terlalu banyak.

Seoul Plaza
Jika kamu berkunjung ke kota Seoul, ada beberapa tempat wisata yang kamu bisa kunjungi tanpa harus mengeluarkan uang. Cukup siapkan kekuatan kaki untuk berjalan. Salah satu tempat itu bernama Seoul Plaza atau Seoul Square.


Seoul Plaza terletak di pusat kota, tepatnya di depan City Hall atau Balai Kota. Di sini, orang biasanya berkumpul menikmati hari. Di musim-musim yang ramah seperti musim semi, orang-orang biasanya akan berkumpul di sini untuk sekedar berkumpul atau bercengkrama.  Di saat musim panas, tempat ini biasanya dipenuhi anak-anak. Miriplah dengan Balai Kota Bandung. Karena biasanya ada air mancur yang diaktifkan. Anak-anak senang sekali main air di saat musim panas. Mereka biasanya datang bersama orang tuanya.


Seoul Plaza juga sering dijadikan pusat kegiatan kesenian atau pameran. Di sini seringkali diadakan pertunjukan tari atau konser  musik gratisan. Kalau beruntung, kalian bisa mengikuti acara-acara yang ada artis ngetopnya. Aku sempat bertemu dengan beberapa aktor di sini, di antaranya Lee Dong Wook yang main di Goblin dan Lee Dong Gun yang pernah main di drama Queen for Seven Days. Kalau aku sih kenal Lee Dong Gun di serial Sweet 18 (Jadul banget) dan Lee Dong Wook di  drama My Girl sama Scent of a Woman (Sama jadulnya ha ha ha).

Tempat Wisata di Sekitar Seoul Plaza
Kalau sudah bosen jalan-jalan di Seoul Plaza, kamu bisa mengujungi tempat wisata lain yang letaknya dekat dengan Seoul Plaza. Di samping tempat ini ada Istana Deoksugung. Istananya lebih kecil dari Gyeongbokgung sehingga harga tiket masuknya lebih murah, hanya 1.000 Won atau sekitar 12 atau 13 ribu jika lihat nilai tukar Won sekarang. Untuk ABG hanya 500 Won saja. Kalau datang berkelompok, sekitar 10 orang atau lebih, ada potongan harga. Di Deoksugung juga terkadang diadakan pertunjukan gratis. Waktu itu aku sempat menikmati pertunjukkan musik klasik gratis. Tontonan lain di tempat ini adalah upacara pergantian penjaga istana. Ini juga menarik.


Selain Istana Deoksugung, kamu bisa berjalan agak jauh menuju Cheonggyecheon Plaza, Gwanghwamun Plaza, atau Gyeongbokgung. Mungkin ingin berbelanja kosmetik? Tinggal jalan saja ke arah Myeongdong.

 Bagaimana? Tak harus mahal-mahal kan? Selamat jalan-jalan.

Comments

Popular posts from this blog

프라이팬 놀이/Frying Pan Game/BTS

Playing Frying Pan Game/BTS We played a new game called Frying pan game (프라이팬 놀이) with our Korean guests in our Korean Class. It was fun. It’s like catching the mouse game. We learn the Korean numbers in the same time.  Say, if your friend mentions your name and the number, you have to mention your name according to the number he/she mentions previously.  For example, if your friend says "Dana dul (2)", so you have to say your name twice, "Dana...Dana" and so on and so on. If you make a mistake, well, you get the punishment. The type of the punishment depends on the agreement of the players. They are many types, trust me. Just choose one.  This game was played on one of the TV programs in Korea hosted by Kang Ho Dong (강 호 동), Hye Ryong said. 재미 있네요. 우리 애들이 놀이를 좋아해요.  But hey! BTS too played this game on one of their TV shows.  You can check out the video  here  So far, we have learned many Korean games. Mostly we got from Korean T

Bungeoppang a.k.a Taiyaki

Bungeoppang a.k.a Taiyaki “ What did Archimedes say? “Eureka”. I would like to borrow his word for my little success although I didn’t invent anything. ”     Aku udah bingung banget cari resep Bungeoppang , kue isi pasta kacang merah berbentuk ikan. Coba beberapa resep tetep tak sukses. Lalu aku tengok resep sodara tuanya Bungeoppang , Taiyaki . Ceritanya dulu orang Jepang yang memperkenalkan Taiyaki ke Korea saat jaman pendudukan mereka dulu. Nah, kalo orang Korea bilang Bungeoppang itu sama a ja  dengan Taiyaki . Untuk sejarah   Taiyaki dan Bungeoppang bisa dicari di Wikipedia . Infonya lengkap.   Back to my story Nah, setelah tidak berhasil dengan resep sebelumnya (kegagalan dijamin ada dipihak pembuat kuenya bukan di pembuat resep ^^;) aku kemarin iseng dan penasaran cari resep Bungeoppang dalam bahasa Korea tapi ga dapet. Ada sih satu tapi ga detail dan aku ga ngerti. Trus aku cari resep sodara tuanya aja, Taiyaki. I am lucky. Aku dapet beberapa resep Taiyaki. S

Yutnori

Yutnori Apa itu Yutnori ? Hmmm... pernah dengar yutnori (dibaca: yunnori)? kata ini bukan berasal dari bahasa Jawa tapi bahasa Korea. Yutnori adalah nama salah satu permainan tradisional Korea.  Permainan ini biasa dimainkan secara beregu ketika acara tahun baru Korea yang disebut juga 설날 (sollal) . Tahun baru biasanya menjadi ajang kumpul seluruh anggota keluarga. Selain makan Tteokguk , mereka biasanya memainkan Yutnori . Ini penampakan Yutnori , ada papan permainan dan dadunya. Yang unik, dadunya tidak bentuk kotak seperti kebanyakan dadu pada umumnya tapi berbentuk batangan. Hal lain yang membedakan dadu  yutnori  dari dadu pada umumnya adalah tidak ada bentuk titik-titik yang melambangkan angka. Yang ada itu tulisan  도  (Do),  개  (Gae),  걸  (Gul), dan  윷  (Mo) .   Eh, permainan ini pernah muncul disalah satu drama Korea yang dulu nge-hits banget dulu, Princess Hours. Kalau tidak salah di episode 7 ada adegan pasangan Shin dan Chae gyeong beradu dengan o