Skip to main content

Ketemu di klinik saat liburan dan akhirnya jadi soulmate

Setelah hectic dengan perpisahan dan pembagian rapor yang membuatku sering pulang malam selama lima hari ditambah dengan urusan surat-surat Bapak aku yang mesti diselesaikan segera, akhirnya tanggal 2 Juli itu sepulang dari nganter ibu ke bank, aku ambruk juga. Oh, sepulang dari bank aku dipusingkan dengan urusan rapor yang pengen diambil hari itu juga. Stresslah diriku, mana belum makan jadi akhirnya tubuhku bilang, “Please I need a rest, Sis!”.

Sore itu tiba-tiba aku merasa dingin sekali tapi tubuhku panas. Trus tiba-tiba badanku pegel-pegel. Karena aku pikir aku masuk angin setelah lima hari pulang malam terus, aku panggil tukang pijat di deket rumahku. Udahnya, badan kerasa enteng. Trus aku langsung mandi pake air hangat, abis bau minyak yang dipake mijit aku tadi.

Weis, malem berikutnyanya langsung dibayar kontan. Badanku panas lagi. Aku udah agak curiga kalo aku bakal didekati typhoid. Tapi aku berusaha untuk ga mikir seperti itu.

Malem itu juga aku pergi ke dokter. Eh, dia Cuma nulis resep dan bilang mau obat yang bagus ga. Kalo yang bagus agak mahal. Mau aku tau mesti pilih yang mana kalo penyakitnya aja aku belum tau. Akhirnya aku tanya sama beliau. “Dok, ini bukan gelaja tifus?” Lalu beliau jawab, “Sepertinya sih gitu. Mau dirawat?” Beuh! Udah main rawat aja. Trus aku tanya lagi waktu beli obat di apoteknya, “Dok, bukan DB kan?” Beliau jawab lagi, “Udah, kamu besok dites darah aja. Takutnya kamu kena DB. Nanti pagi-pagi aku jadwalkan buat kamu. Jam 8 deh.”

Ya, udah lalu aku pulang dan besok paginya dateng jam 8 kurang. Menit demi menit berlalu tapi dokter belum muncul. Ah, akhirnya jam 8 lebih dokter itu datang. Tapi beliau malah ngobrol. Lha! Aku diperiksanya kapan, Dok? Untung sodara aku yang nganter ngomong langsung ama dokternya. Masalahnya udah hampir jam 9 dan dia mesti pergi kerja. Akhirnya! Beliau angkat bicara.

“Oh, yang kemarin itu ya. Bentar.” Lalu dia memanggil-manggil para suster dan menanyakan apa petugas labnya udah datang. Ternyata sodara-sodara petugas labnya belum datang. Alhasil aku harus menunggu lagi. Eh, dokternya sempet marah-marah lho karena petugasnya belum datang.

Jam 9 lebihan Mba petugas lab itu datang. Aku ga langsung dicek darah. Dia mesti beresin dulu peralatannya. Salah satu temennya ngasih tau kalo dia tadi dimarahin dokter karena slalu dateng siang tapi pulang paling cepet. Mau tau jawaban dia? “Aku kan udah biasa dateng jam segini.” Yo wis terserah Mba deh.

Setelah peralatannya siap untuk dipakai, Mba petugas lab itu mendekatiku dengan membawa jarum suntik. WHAT? Seumur-umur aku belum pernah diambil darah kecuali waktu kecil untuk keperluan periksa golongan darah. Sumpah perih! Aku paling ngeri liat darah. Nah sekarang aku liat darah keluar dari tubuhku dan beralih tempat ke suntikan. Udahnya lumayan lemes. Mana aku laper. Untung aku bawa biscuit marie.

Dengan tersenyum Mba petugas lab menyatakan aku tidak terkena DB tapi ada tapinya. Tapinya aku terkena typhoid alias tifus. Dokternya langsung aja nyuruh aku dirawat. Sebelumnya dia memberiku informasi yang mengerikan. Ususku bisa bocor ama otakku bisa ga berfungsi. Siapa coba yang ga gentar dibilangin gitu. At least, aku gentar saat itu.

Sebenarnya aku udah memohon agar dirawat di rumah aja, tapi beliau keukeuh kalo dirawat di klinik aku akan lebih baik. Jadilah aku pulang ke rumah dan memberi kabar pada ibuku kalo aku mesti dirawat. Siangnya aku datang lagi dan resmi check in.

You know what? Tempat yang aku tinggali adalah tempat ayahku dulu dirawat ketika mau operasi. What a nice coincidence! Aku tidak berbagi kamar dengan pasien lain. Ngeri! Aku malah tambah parno ntar kalo bareng ama yang lain.

Selama di sana aku cuma makan bubur saring dan telor rebus. Porsi makannya itu kayak makan bayi. Sementara perut aku laper terus. Makan biscuit aja ga enak juga karena ga bikin perut kenyang. Lalu aku tanya asisten dokternya apa aja yang aku boleh makan. Ternyata yang aku boleh makan cuma bubur bayi. Jadi dari hari itu aku makan bubur bayi untuk umur 6 bulan yang rasa beras merah.

Aku sempet dimarahin dokter karena ga mau pake pispot. Aduh, geli dan gimana gitu rasanya mesti pake alat itu. Setelah dimarahin mau tak mau aku pake juga tu pispot. Malam ke dua aku meneteskan air mata. Aku menangis sejadi-jadinya. Aku ga tega waktu liat adiku harus membawa pispotku dan membersihkannya. Aku pake pispot itu untuk semua keperluan. Pahamkan maksudku. Makanya aku nangis karena aku ga tega liat adiku. Aku terus-terusan minta maaf sama dia setiap dia harus buangin isi pispotku m( _ _ )m. She’s the real nurse for me. She should get an award for her devotion. Aku yakin dia udah dapet tempat yang indah bwat dia di alam sana untuk kebaikannya itu.

Jadi selama aku dirawat di klinik itu, aku ditungguin adikku yang pertama. Tadinya mau kakaku yang laki-laki tapi aku ngerasa risih. Karena dia tak keberatan, maka jadilah dia yang mengurusi keperluanku siang dan malam. Selain itu ada adik-adiku yang lain yang pulang pergi bawain barang-barang yang aku butuhkan.

Kita berbagi tempat tidur. Tapi dia kebagian yang menghadap ke pintu jadi pasti dingin banget. Dia sempet ngeluh sakit badannya. Aku takut dia juga jatuh sakit apalagi dia juga punya penyakit maag.

Alhamdulillah sampe aku dinyatakan boleh pulang, dia ga tumbang sepertiku. Tapi maagnya kumat lagi setelah aku nyampe rumah. Aku sempet marah dan nangis waktu aku belum diperbolehkan pulang. Aku marah karena dokter cuma bilang satu atau dua hari aja dirawatnya tapi sampe empat hari. Yang kebayang saat itu adalah biaya perawatannya. Taukan gimana harga kesehatan dan kesembuhan di negeri kita ini?

Ketika sampe di klinik aku berkenalan dengannya dan langsung jadi soulmate. Dia tak lain dan tak bukan adalah infusan. Aku sempet deg-degan waktu mau dipasang infusan. Asisten dokternya sampe bilang, “Lemesin tangannya, De.” Hehehehe ini juga kali pertama aku ditempel infusan. Mau tau rasanya? Sakit, perih dan pegal! ASLI! Pantesan bayi-bayi suka meronta-ronta kalo dipasangin infusan.

Saat aku mesti minum obat, ternyata obatnya masuk lewat infusan. Ma’nyuuuuuuuuuuuuuus! Perihnya begitu terasa sekali trus sakitnya juga ada. Nah itu kalo mau pinjem gaya Pak Bondan nerangin makanan. Aku juga sempet panik waktu darahnya balik dan tersedot infusan. Saat itu terasa pedih dan waktu aku liat infusan, alamak….darahnya yang ke luar bukan cairan infusannya yang masuk. Adiku panggil suster dan dia udah menuduhku pasti aku abis dari kamar mandi. Ih, suka asal nuduh deh. Wong aku sudah setia sama pispotku koq. Dalam beberapa detik darah itu balik lagi dan ternyata cairan infusannya udah mau abis sodara-sodara.

Selama dirawat aku memperhatikan fakta yang menarik tentang infusan. Kalo labu infusannya dibolongin pake suntikan, walaupun cairannya tinggal dikit lagi darah ga akan tersedot. Tapi kalo labunya itu ga dibolongin ketika cairan infusannya tinggal dikit, tangan suka kerasa perih seperti tersedot. Itu fakta versi aku lho! Ga tau bener gat au ngga. Oh, sehari sebelum aku pulang ada bayi yang masuk. Dia juga pake infusan. Seharian dia nangis terus dan dua kali darahnya balik tersedot. Kasian banget! I know exactly how you feel.

Liburan yang menyenangkan. Padahal sebelumnya aku ama Noe udah rencana mau berenang dan pergi ke Pangandaran. Ya, jadinya nunggu aku sehat deh. Sampe saat ini aku masih belum bisa makan yang aneh-aneh. Dan adiku yang cowo hobi banget ganggu aku dengan makanan yang dia makan. Cita-cita kalo udah sembuh pengen makan iga bakar di Ayam goreng Fatmawati. Dulu waktu adiku pesen makanan itu, kerasa enak banget! Rasanya aku masih ingat sampe sekarang. Dasar tukang makan!

Hahahahaha jadi inget waktu ditanya suster. Waktu pertamakali dicek suster, aku ditanya apa yang aku rasakan. Jawabku polos, “Lapar!” Dan kata-kata itu akan muncul setiap kali dokter atau suster ngecek aku. Orang aku beneran laper koq! Tau kenapa aku laper mulu. Mungkin karena aku udah biasa minum kunyit setiap hari. Berat badanku juga sempet naik jadi 45kg tapi seminggu sakit langsung hilang 1kg deh. Mia bilang aku mesti naik ampe 55kg. Itu gimana caranya ya? Turun gampang tapi kalo naik agak susah sodara-sodara.

Sempet dokter yang ngecek aku ga percaya dengan bentuk tubuhku yang kurus ini. Beliau sempet curiga kalo aku ga suka makan. Jangan gila dong! Aku itu penipu. Tubuh boleh kecil tapi soal makan hehehehehe kata orang Sunda mah “rewog” apalagi kalo aku laper banget! Bu Esti dan Noe saksi kegilaanku kalo aku udah laper banget dan kalo aku mau dapet bulanan. Mereka pasti ga mau traktir aku makan. Bisa jebol! Trus dokternya bilang, ntar kalo aku nikah pasti badanku gede koq. Perasaan kata-kata itu udah kayak kata-kata mutiara bagi aku. Sering banget denger. Kalo disuruh nulis biodata aku tulis kata-kata mutiara itu. “Kalo udah nikah badan aku pasti gede.” ( ¯ s ¯ )___óバンバン!

Ya, itulah sekelumit cerita aku check in di klinik selama 4 hari dan ditambah liburan beberapa minggu di rumah. Pengeeeeeeeeeeeeeen Liburaaaaaaaaaaaaaaaaaannnn! Tapi uang untuk liburannya udah abis bwat check in di klinik selama 4 hari. Ibuku sampai terbengong-bengong melihat itu bill! Ck…ck…ck…itu billing bisa dituker dengan liburan ke Bali naek bis. SERIUSSSSSSSSSSSSSSSSSSS!!!!!!!!!

Comments

Popular posts from this blog

프라이팬 놀이/Frying Pan Game/BTS

Playing Frying Pan Game/BTS We played a new game called Frying pan game (프라이팬 놀이) with our Korean guests in our Korean Class. It was fun. It’s like catching the mouse game. We learn the Korean numbers in the same time.  Say, if your friend mentions your name and the number, you have to mention your name according to the number he/she mentions previously.  For example, if your friend says "Dana dul (2)", so you have to say your name twice, "Dana...Dana" and so on and so on. If you make a mistake, well, you get the punishment. The type of the punishment depends on the agreement of the players. They are many types, trust me. Just choose one.  This game was played on one of the TV programs in Korea hosted by Kang Ho Dong (강 호 동), Hye Ryong said. 재미 있네요. 우리 애들이 놀이를 좋아해요.  But hey! BTS too played this game on one of their TV shows.  You can check out the video  here  So far, we have learned many Korean games. Mostly we got from Korean T

Bungeoppang a.k.a Taiyaki

Bungeoppang a.k.a Taiyaki “ What did Archimedes say? “Eureka”. I would like to borrow his word for my little success although I didn’t invent anything. ”     Aku udah bingung banget cari resep Bungeoppang , kue isi pasta kacang merah berbentuk ikan. Coba beberapa resep tetep tak sukses. Lalu aku tengok resep sodara tuanya Bungeoppang , Taiyaki . Ceritanya dulu orang Jepang yang memperkenalkan Taiyaki ke Korea saat jaman pendudukan mereka dulu. Nah, kalo orang Korea bilang Bungeoppang itu sama a ja  dengan Taiyaki . Untuk sejarah   Taiyaki dan Bungeoppang bisa dicari di Wikipedia . Infonya lengkap.   Back to my story Nah, setelah tidak berhasil dengan resep sebelumnya (kegagalan dijamin ada dipihak pembuat kuenya bukan di pembuat resep ^^;) aku kemarin iseng dan penasaran cari resep Bungeoppang dalam bahasa Korea tapi ga dapet. Ada sih satu tapi ga detail dan aku ga ngerti. Trus aku cari resep sodara tuanya aja, Taiyaki. I am lucky. Aku dapet beberapa resep Taiyaki. S

Dora The Explorer Dan Oreo Termahal

Dora the Explorer Dan Oreo Termahal Badan pegal – pegal karena terpenjara selama lebih dari lima jam. Ditambah lagi harus berhimpitan di kerumunan manusia saat festival. Begitu masuk ke dalam  subway , yang pertama kali ingin kulakukan adalah tidur. Ah leganya ketika kulihat ada kursi kosong yang bisa kududuki. Enaknya bisa selonjoran untuk mehilangkan rasa pegal di kaki. Rupanya ketika aku tertidur, muridku iseng mengambil foto diriku yang sedang tertidur. Refleks aku terbangun. Begitu tersadar, tiba – tiba muncul seorang anak kecil bersama ibunya. Mereka berdiri tepat di hadapanku. Harusnya aku beri kursi itu pada mereka tapi ada sedikit kebingungan soal memberi tempat duduk di Korea atau di Jepang. Terkadang para orang tua menolak tawaran tersebut. Terlebih lagi jika kita menawarkan kursi itu pada orang yang masih muda. Salah satu alasan yang kutahu adalah mereka tak ingin terlihat seperti orang tua. Maka, tak heran jika beberapa orang tua pun terkadang menolak diberi kurs